Penggunaan Flammable Cabinet

Penggunaan Flammable Cabinet

Bahan kimia mudah terbakar ialah bahan kimia yang memiliki sifat mudah terbakar karena proses reaksi bahan kimia tersebut dengan oksigen yang sangat mudah terjadi sehingga dari proses reaksi itu menimbulkan api. Oleh karena itu, penting agar bisa terhindar dari sumber api saat memegang zat kimia yag berpotensi bisa terbakar. Namun sebenarya, hampir semua zat kimia memiliki potensi untuk mengalami kebakaran. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari kondisi lingkungan dan suhu. Karena pernah ditemukan juga bahwa zat kimia bisa mengalami kebakaran hanya karena bereaksi dengan air. Oleh karena itu, di dalam laboratorium biasanya bahan kimia yang berpotensi menimbulkan kebakaran hanya diperbolehkan tersedia dalam jumlah yang ditentukan dan tidak banyak. Bahan-bahan kimia yang berpotensi menimbulkan kebakaran tidak dipungkiri juga bisa menyebabkan ledakan jika api dari kebakaran itu tidak segera ditangani dengan cepat. Bahan kimia yang mudah terbakar ini dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu Extremely Flammable dan High Flammable. Bahan kimia dengan kelompok Extremely Flammable ini memiliki titik menyala pada suhu  sekitar 0oC serta titik didih pada suhu 35oC. Bahan kimia jenis Extremely Flammable ini berupa gas yang disimpan di dalam tabung yang kedap terhadap udara dan memiliki tekanan tinggi. Kemudian Bahan kimia dengan kelompok Highly Flammable ini memiliki titik menyala pada saat suhu sekitar 21oC serta titik didih pada suhu yang tidak ada batasnya. Bahan kimia jenis Highly Flammable ini disimpan pada lingkungan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Bahan-bahan kimia yang bersifat mudah terbakar dapat dibagi menjadi beberapa, yaitu :

  1. Bahan Kimia yang berbentuk padat, seperti : Fosfor, kapas, Belerang, Rayon, Kertas dan Hidrida Logam
  2. Bahan Kimia yang berbentuk Cair, yang digunakan biasanya sebagai pelarut, seperti : Alkohol, Benzena, Eter, Kloroform dan Aseton.
  3. Bahan Kimia yang berbentuk Gas, seperti : Hidrogen, etilen oksida, hydrogen, asetilen, serta Gas Alam.

Flammable Chemical Storage digunakan untuk penyimpanan bahan kimia mudah terbakar sehingga bahan yang digunakan untuk membuat Flammable Chemical Storage atau lemari penyimpanan bahan kimia mudah terbakar ini dipilih bahan yang tahan terhadap api. Fitur-fitur yang terdapat pada Flammabe Chemical Storage, yaitu :

  1. System mekanisme otomatis pada sekering untuk menutup pintu saat suhu melebihi 70o C
  2. Mempunyai Bak anti bocor dan system ventilasi ganda
  3. Terdapat juga lembaran dari bahan baja galvanis
  4. Dilengkapi dengan Tiga pin kunci, yang disertai perangkat kait yang terhubung dengan 3 titik untuk memberikan keamanan yang lebih baik
  5. Terdapat Kait pada gagang kunci (gembok)
  6. Pintu yang menutup sendiri disertai dengan rantai mekanisme sekring

Pada Flammable Chemical Storage atau Lemari Penyimpanan Bahan Kimia Mudah Terbakar ini terdapat tujuh tipe, yaitu :

  • CS-F 12, mampu menampung kapasitas 45 liter
  • CS-F 12 UB, mampu menampung kapasitas kapasitas 45 liter
  • CS-F 20 UB, mampu menampung kapasitas kapasitas 75 liter
  • CS-F 22, mampu menampung kapasitas kapasitas 83 liter
  • CS-F 30, mampu menampung kapasitas kapasitas 114 liter
  • CS-F 45, mampu menampung kapasitas kapasitas 170 liter
  • CS-F 90, mampu menampung kapasitas kapasitas 340 liter

Kami Workshop Estain meyediakan berbagai kebutuhan flammable cabinet. Kami juga menerima produk kerja customize untuk model dan ukuran seperti yang anda butuhkan, silahkan untuk menghubungi sales kami untuk mendapatkan rekomendasi yang terbaik.

Workshop Estain
Jl. Raya Narogong No.KM 23, Cileungsi, Narogong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820.
Whatsapp : 0815-1195-4540
Email : yogo@estain.id atau sales.gmi20@gmail.com

Bagikan artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Topik Pilihan