Tangki Storage Industri

Tangki Storage Industri
Penyimpanan merupakan bagian dari industri proses produksi dalam industri. Tangki penyimpanan atau storage tank menjadi bagian yang penting dalam suatu proses industri, karena tangki penyimpanan tidak hanya menjadi tempat penyimpanan bagi produk dan bahan baku tetapi juga menjaga kelancaran ketersediaan produk dan bahan baku serta dapat menjaga produk atau bahan baku dari kontaminan (kontaminan tersebut dapat menurunkan kualitas dari produk atau bahan baku). Penyimpanan bahan diperlukan agar proses produksi tidak tergantung pada pengumpanan dan pengeluaran bahan. Jumlah bahan yang perlu disimpan disesuaikan dengan konsumsi (keperluan perhari, stok wajib) atau dengan kondisi pengiriman (tanggal, harga).
Cara penyimpanan juga tergantung pada sifat bahan yang disimpan (misalnya kondisi agregat, daya terhadap udara dan air, korosivitas, kemudahan terbakar dan beracun ), pada jenis penggunaan dan lamanya penyimpanan serta jumlahnya. Tangki pada dasarnya dipakai sebagai tempat penyimpanan material baik berupa benda padat, cair, maupun gas. Pada umumnya produk atau bahan baku yang terdapat pada industri kimia berupa liquid atau gas, namun tidak tertutup kemungkinan juga dalam bentuk padatan (solid).

Storage tank atau yang lebih sering dikenal dengan tangki penyimpanan merupakan salah satu unit atau peralatan yang terdapat dalam bidang teknik proses baik dalam skala kecil, menengah ataupun industri besar. Alat ini banyak ditemukan di industri kimia seperti industri oil and gas, petrokimia, polimer, dan yang lainnya. Kegunaan storage tank ini sangat luas. Selain untuk penyimpanan, juga sebagai media untuk mengalirkan fluida ke tangki atau unit yang lainnya.

Tangki penyimpanan seringkali berbentuk silinder, tegak lurus dengan tanah dengan dasar datar, dan atap yang rapuh atau terapung. Ada banyak peraturan lingkungan yang diterapkan pada desain dan pengoperasian tangki penyimpanan, sering kali bergantung pada sifat fluida yang terkandung di dalamnya. Tangki penyimpanan di atas tanah berbeda dengan tangki penyimpanan bawah tanah  dalam jenis peraturan yang diterapkan. Tangki penyimpanan di atas tanah dapat digunakan untuk menampung bahan-bahan seperti minyak bumi, bahan limbah, air, bahan kimia, dan bahan berbahaya lainnya, sambil memenuhi standar dan peraturan industri yang ketat.

Workshop Estain meyediakan berbagai macam jenis tangki untuk penyimpanan material padat, cair ataupun gas. Silahkan untuk menghubungi tim sales kami untuk diskusi kebutuhan tangki penyimpanan anda.

Workshop Estain
Jl. Raya Narogong No.KM 23, Cileungsi, Narogong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820.
Whatsapp : 0815-1195-4540
Email : yogo@estain.id

Bagikan artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Topik Pilihan